Jenis Cup Minuman yang Cocok Untuk Bisnis dan Cara Memilihnya

cup plastik

Selain usaha kuliner yang semakin digemari, bisnis franchise minuman juga tidak kalah digemari. Salah satu usaha minuman kekinian yang banyak berdiri adalah thai tea, boba, kopi, dan masih banyak lainnya. Yang mana sasaran usaha ini adalah anak-anak sekolah, remaja, mahasiswa atau mahasiswi, pekerja kantoran dan masyarakat umum. Bayangkan di siang hari yang panas, kemudian lewat kedai minuman pinggir jalan ramai pengunjung. Pastinya Anda akan tertarik untuk membelinya bukan? Fenomena inilah yang membuat orang berjiwa bisnis memulai membuka usaha franchise minuman. Umumnya, usaha minuman ini memakai gelas atau cup plastik yang ditutup dengan lid plastik dengan teknik sealing. Tetapi ada juga yang tidak memakai lid plastik sebagai penutup.

2 Jenis Cup Minuman yang Sering Dipakai

Berikut ini dua jenis gelas minuman yang sering dipakai untuk usaha franchise kekinian.

  1. Cup Plastik Bahan PET/PETE (Polethylene Terephthalate)

Umumnya bahan ini banyak dipakai untuk mengemas air mineral, baik dalam gelas cup atau botol. Tampilan dari gelas bahan PET mempunyai tampilan lebih transparan dan jernih.

Kelebihan;

  • Gelas plastik dari bahan PET lebih bening dan tebal. Untuk gelas ini banyak dipakai café dan restaurant. Seperti di Starbuks atau J.co.
  • Ukuran gelas lebih lengkap. Mulai dari 8 Oz, 10 Oz, 12 Oz, 14 Oz, 16 Oz, 22 Oz, 24 Oz dan 30 Oz.

Kekurangan;

  • Untuk gelas plastik bahan PET tidak bisa di led sealer atau mesin press.
  • Harganya lebih mahal dibandingkan dengan gelas plastik PP.
  1. Cup Plastik Bahan PP (Polypropylene)

Jenis bahan untuk membuat cup plastik ini adalah yang terbaik. Sebab bisa dipakai untuk mengemas makanan dan minuman. Tampilan yang diberikan oleh gelas plastik bahan PP ini transparan, tetapi tidak jernih dan cukup mengkilap.

Kelebihan;

  • Gelas plastik bahan PP ini banyak dijual di pasaran. Ketebalannya pun ada banyak. Mulai 4 gram, 5 gram, 7 gram, 9 gram dan 11 gram. Biasanya gelas ini banyak dipakai oleh McD Café dan Chatime.
  • Dari segi harganya pun jauh lebih murah daripada gelas PET.
  • Jenis gelas ini bisa dipakai lid sealer atau mesin press.

Kekurangan;

  • Perlu diketahui bahwa gelas plastik ini sisi jernihnya kurang bila dibandingkan dengan gelas plastik PET. Ini karena karakter plastik PP kurang jernih.

Tips Memilih Cup Minuman yang Sesuai Kebutuhan Pemakaian

Untuk Anda yang ingin memulai usaha minuman. Pastinya ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik terlebih dahulu. Ini dilakukan supaya usaha minuman bisa berjalan dengan maksimal dan mendapatkan keuntungan. Diantaranya adalah memilih jenis minuman apa yang akan dijual. Apakah ingin menjual kopi, boba, Thai Tea, atau minuman lainnya. Selanjutnya, Anda juga harus mempertimbangkan dengan baik pemilihan cup plastik yang akan digunakan untuk pengemasan.

Mengingat produk bagus belum tentu laku keras apabila tidak dikemas secara baik. Maka pemilihan gelas plastik pun harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat ingin memilih cup plastik.

  1. Menyesuaikan Target Pasar

Sebelum menjual produk pastinya kita sudah tahu siapa target pasarnya. Apakah itu anak-anak, remaja atau dewasa. Sebab dari sinilah kita akan menyesuaikan kemasan produk supaya sesuai dengan target pasar. Begitu pula ketika ingin memilih gelas plastik, Anda harus benar-benar memperhatikan dengan baik target pasar dari usaha minuman tersebut.

  1. Ukuran

Tentunya sudah diketahui bersama bahwa setiap jenis gelas plastik memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ada ukuran kecil sampai ukuran besar. Sebenarnya Anda bisa menggunakan gelas plastik dari ukuran kecil, sedang, besar. Pemilihan ukuran gelas plastik ini pun akan berpengaruh pada harga jual minuman. Semakin besar ukuran gelas plastik yang dipilih oleh pembeli, maka harganya akan semakin mahal. Ini karena isi dari gelas plastik tersebut pun akan semakin banyak.

  1. Ketebalan

Dari segi ketebalan gelas cup plastik pun juga harus dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai salah memilih ketebalan gelas plastik dan membahayakan pembeli yang menerimanya. Bayangkan jika Anda menggunakan gelas plastik yang tipis, sedangkan produk yang dijual adalah minuman panas. Tentu hal ini tidak baik untuk pemilik usaha maupun si pembeli itu sendiri. Oleh sebab itulah, sangat penting bagi pemilik bisnis untuk menentukan ketebalan gelas plastik terlebih dahulu sebelum dipasarkan luas.

  1. Pemilihan Tinta

Dalam pemilihan tinta ini juga penting untuk diperhatikan. Anda harus bisa menyesuaikan dengan minuman yang akan dikemas. Sebagai contohnya untuk kemasan es kopi, pastinya identik dengan warna cokelat. Ada baiknya menggunakan warna tinta hitam atau putih. Warnanya yang netral akan aman untuk berbagai jenis minuman. Sedangkan untuk jus, karena jus dibuat dari berbagai buah yang berwarna. Maka bisa menggunakan tinta hitam, jadi gelasnya jadi lebih mencolok. Untuk warna tinta lain bisa dipakai untuk minuman boba atau susu. Tetapi tidak menutup kemungkinan menggunakan tinta lainnya.

  1. Desain Kemasan

Yang tidak kalah penting dalam membuat cup plastik adalah desain. Untuk desain kemasan gelas plastik ini bisa bagian depan belakang atau dua muka. Namun bisa juga hanya satu muka, baik itu bagian depan saja atau bagian belakang saja. Dalam pembuatan desain kemasan ini umumnya harus mencantumkan merek, akun media sosial, atau tulisan menarik lainnya. Sebagian cup plastik bahkan di desain dengan mengosongkan bagian untuk ditulisi nama pembeli. Adanya desain pada gelas plastik tentunya akan membuat tampilan menjadi lebuh menarik dibandingkan gelas plastik polos.

  1. Faktor Kenyamanan

Saat menjual minuman, bukan hanya isi saja yang harus diperhatikan oleh pemilik bisnis. Namun dari segi wadah itu sendiri juga harus dipertimbangkan dengan baik. Pastikan untuk memberikan kenyamanan pada pembeli sehingga mereka mudah menikmati minuman, mudah dibawa, mudah dipegang, dan lainnya. Dengan begitu pembeli yang sudah merasakan enaknya minuman Anda dan kenyamanan dalam pelayanan bisa kembali. Bahkan bisa membawa lebih banyak pelanggan tetap. Hal ini tentunya akan membuat Anda menjadi lebih untung pastinya.

  1. Edisi Khusus

Apabila Anda memiliki desain tertentu untuk momen istimewa, maka bisa membuatnya dalam jumlah terbatas. Misalnya edisi Valentine, Tahun Baru, Hari Raya Idul Fitri, dan masih banyak lainnya. Saat ada edisi terbatas, pastinya akan mendatangkan banyak pelanggan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak pastinya.

  1. Memilih Tempat Sablon Cup Berpengalaman

Pemilihan gelas plastik memang tidak bisa asal, karena dibutuhkan kreativitas cukup tinggi supaya mewakili produk dan bisnis yang sedang dirintis. Oleh sebab itulah, sangat penting bagi Anda untuk bisa memilih tempat pembuatan sablon cup yang tepat dan berpengalaman. Dengan memilih tempat sablon cup plastik yang tepat, tentunya Anda bisa mendapatkan cup plastik sesuai kebutuhan dan sesuai target pasar. Jasa pembuatan sablon cup plastik yang berpengalaman pastinya memiliki banyak klien, testimoni baik dan reputasi baik tentunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *